Jurusan PAI UIN Sunan Gunung Djati Bandung Adakan Kuliah Umum Sejarah Peradaban Islam

Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebagai salah satu jurusan yang konsen memberikan pendidikan terbaik kepada para mahasiswa mengadakan kegiatan kuliah umum Sejarah Peradaban Islam secara daring. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 21 Juli 2020, secara khusus diberikan kepada mahasiswa Jurusan PAI Semester 2 atau angkatan 2019 dengan maksud agar pemahaman tentang sejarah peradaban Islam semakin mendalam. Kegiatan yang diadakan melalui zoom meeting ini diikuti oleh para mahasiswa, tetapi bagi masyarakat umum juga dapat menyaksikan kuliah umum ini melalui youtube secara live streaming.

Kuliah umum ini diisi oleh Adrian Perkasa dan H. Muhammad Abdul Latif, S.EI., M.Pd.. Adrian Perkasa adalah seorang mahasiswa S3 atau kandidat Doktor (Ph.D) Universitas Leiden, Belanda pada Jurusan Sejarah Indonesia. Beliau menjelaskan banyak sekali sejarah Islam di Indonesia yang selama ini jarang di bahas di bangku sekolah dan kuliah. “Saya melihat bahwa pendidikan kita mengajarkan bahwa sejarah Islam itu selalu sejarah Timur Tengah, padahal bukan hanya itu, jauh lebih luas daripada itu”, penyampaian Adrian Perkasa saat memberikan materi.

H. Muhammad Abdul Latif, S.EI., M.Pd. atau yang biasa dikenal sebagai Kak Mal Sang Pengkisah adalah pendiri dan pembina Yayasan dan Pondok Pesantren Daaruzamzam yang berada di Cianjur. Pengalamannya yang sudah berkeliling ke 12 Negara dan sering mengisi materi tentang metode berkisah menyampaikan melalui kuliah umum ini bahwa menyampaikan sejarah dengan metode kisah akan membuat peserta didik tidak jenuh dan akan selalu ingat seumur hidupnya. “Metode kisah ini adalah metode yang sering digunakan oleh Nabi Muhammad dan terasa oleh kita sekarang bahwa jika ada sebuah kisah yang diceritakan orang lain pada kita akan lengket di otak kita”, penuturannya pada sesi penyampaian materi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *