DISKUSI 2 MAHAKARYA PAI 53

“Penguatan Pendidikan Karakter melalui PJJ di Masa Pandemi Covid-19”

Himpunan Mahasiswa Jurusan PAI UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan Diskusi bertema “Penguatan Pendidikan Karakter melalui PJJ di Masa Pandemi Covid-19” pada Minggu (20/6/2021). Diskusi ini merupakan rangkaian pada acara MILAD PAI yang ke-53 bernama MAHAKARYA PAI 53. Pada diskusi ini turut hadir Prof Dr. Hj. Aan Hasanah, M.Ed selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sebagai pemateri dan Dr. Fajar Farhan Hikam, M.Pd selaku Dosen PAI sebagai moderator. Diskusi ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting dan terbuka untuk umum. Tak hanya dihadiri oleh mahasiswa PAI saja, diskusi ini menyita perhatian mahasiswa, guru bahkan dosen dari perguruan tinggi lain seperti UNINUS, UMB, STIT NU AL Farabi dan lainnya. Diskusi ini dihadiri oleh 130 peserta.

Prof. Aan menuturkan bahwa jutaan mahasiswa akibat pandemi harus melaksanakan pembelajaran secara dalam jaringan (daring)/ belajar dari rumah (BDR). Pada masa pandemi yang menjadi hal penting ialah keselamatan jiwa dan keberlangsungan pembelajaran. Prof Aan menyebut ada beban psikologis yang dialami mahasiswa saat pandemi covid-19, oleh karena itu pembelajaran harus disesuaikan dengan kondisi darurat ini. Hal ini sesuai dengan SE Menteri Pendidikan No. 4 Tahun 2020 yang menyatakan bahwa Pembelajaran daring /BDR dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan.

Penguatan karakter pada pembelajaran jarak jauh (PJJ) harus menyesuaikan dengan konteks situasi yang terjadi saat ini. Penilaian pada askpek sikap pada aktivitas pembelajaran. Prof Aan menjelaskan beberapa teknik penilaian sikap yang dapat digunakan dalam pembelajaran seperti penilaian diri dan antar teman (self and peer assessment).

Jangan lupa follow, like, subscribe, coment and share

Web : www.pai.uinsgd.ac.id

IG – Twitter : @paiuinsgd

Youtube – FB : PAI UIN SDG

———————————————————————–

#PAIUINSGD

#PendidikanAgamaIslam

#FTKUINSGD

#UINSGD

#UINBandung

#BanggaDiUINSGD

#KampusUnggulDanKompetitif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *