DISKUSI 1 MAHAKARYA PAI-53

Tema : “Merawat Kesehatan Mental di Masa Pandemi Covid-19”

Minggu, 20 Juni 2021 Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Kabinet Harmonis 2020-2021 UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan sebuah diskusi dengan tema “Merawat Kesehatan Mental di Masa Pandemi Covid-19” dalam rangka menyambut acara Mahakarya PAI ke-53.

Diskusi ini dipimpin langsung oleh Wakil Rektor IV UIN Sunan Gunung Djati Bandung yaitu ibu Prof. Dr. Hj. Ulfiah, M.Si. dan dimoderatori oleh dosen Jurusan Pendidikan Agama Islam yaitu bapak Nablur Rahman Annibras, LC, M.Hum. Yang bertujuan agar peserta mengetahui dan memahami cara merawat kesehatan mental di masa pandemi covid-19.

Pada diskusi ini membahas pembahasan yang sangat relevan di keadaan pandemi sekarang. Pandemi Covid-19 bukan hanya menyerang kesehatan tubuh seseorang, Covid-19 secara langsung maupun tidak langsung juga menyebabkan gangguan kesehatan mental, baik terhadap anak-anak maupun orang dewasa.

Psikolog klinis dari Mediccation.id Hertha Christabelle M.Psi mengatakan selama pandemi, banyak orang yang mengalami beberapa masalah kesehatan mental. Salah satunya adalah depresi. Hal itu terjadi akibat tekanan semakin meningkat pada kondisi pandemi, mulai dari tekanan ekonomi hingga sosial. Selain depresi, kecemasan juga banyak dialami pada masa pandemi ini. Kecemasan terbanyak adalah cemas akan diri sendiri, seperti cemas terkena positif Covid-19 hingga meninggal.

Tentunya kesehatan mental ini dapat dirawat dengan berbagai macam cara, diantaranya: menonton film dan bermain game, metode dzikir, membaca buku, mengonsumsi vitamin dan berjemur. Metode dzikir merupakan salah satu metode yang menarik karena dapat mengahadirkan ketenangan jiwa seperti tertera dalam Al-Quran surat Ar-Ra’du ayat 28, “hanya dengan mengingat Allah-lah hatimu menjadi tentram”.

Prof Ulfiah pun memberikan tips-tips menjaga kesehatan mental saat pandemi covid-19, yaitu membatasi penggunaan media sosial, menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas, menjaga interaksi sosial, dan menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Diskusi ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk menyukseskan acara Mahakarya PAI yang memperingati hari kelahiran jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 8 April 1968 yang ke-53 tepat pada tahun 2021 ini.

Antusias dari peserta diskusi kali ini sangat besar, dihadiri oleh 130 peserta yang sangat interaktif saat diskusi berlangsung serta banyak mengajukan pertanyaan terhadap pemateri. Diskusi ini berlangsung dengan durasi waktu 3 jam, yang dimulai dari pukul 09.00 hingga 11.00 WIB.

Lets, find us !

Instagram : @paiuinsgd @hmjpaiuinsgd @mhkaryapai

Fb : HMJ PAI UIN SGD BDG

Twitter : HMJ PAI UIN SGD BANDUNG

YouTube : HMJ PAI UIN BANDUNG

———————————-

#UinSgdBdg

#DemaFTK

#SemaFTK

#HMJPAIUINSGD

#KabinetHarmonis

#PAIJuara

#MahakaryaPAI53

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *